Kamis, 05 Juni 2008

UTS - OOP

Nama : Agus Sukoco
NIM : 321207563


Tugas Mata Kuliah : OOP
Topik : Membuat Class dan memanggil object
Tujuan : - Tugas yang dijadikan sebagai Ujian Tengah Semester
- untuk lebih memahami pengertian Class dan object.
Ruang Lingkup Pembahasan : Pengertian class,object dan memanggil object, yang disertai dengan contoh source kode.


Pengertian class dan object
Class dan object memiliki hubungan yang sangat dekat, class adalah design dari object.kalau di ambil contoh, jika sebuah sebuah rumah adalah class maka yang menjadi object adalah rumah mu,rumah saya dan rumah tetangga.
Berikut contoh code nya :

class rumah{
String alamat;
String jalan;
String kota;
int hargaRumah;
int tahunRenovasi;
String jenisSurat;
int jumlahKamar;
String namaPemilik;
int luasRumah;
String telepone;
int luasGarasi;
}

public class RumahIdaman{
public static void main(String [] args){

// membuat objek
rumah RumahAku= new rumah();
rumah Garasi = new rumah();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */
RumahAku.alamat = "Rumah Dijual!!! ";
RumahAku.jalan="May.jend sutoyo no. 16";
RumahAku.kota="cawang-jakarta timur";
RumahAku.hargaRumah=800;
RumahAku.tahunRenovasi=2005;
RumahAku.jenisSurat="Hak Milik";
RumahAku.jumlahKamar=5;
RumahAku.namaPemilik="Sudiatmoko";
RumahAku.luasRumah= 12 ;
RumahAku.telepone= "0218095319";
Garasi.luasGarasi=200 ;

System.out.println(RumahAku.alamat);
System.out.println("Jalan:"+RumahAku.jalan);
System.out.println("Kota:"+RumahAku.kota);
System.out.println("Harga Rumah:"+RumahAku.hargaRumah + "Juta");
System.out.println("Tahun Di renovasi:"+RumahAku.tahunRenovasi);
System.out.println("Jenis Surat :"+RumahAku.jenisSurat);
System.out.println("Jumlah Kamar:"+RumahAku.jumlahKamar);
System.out.println("Nama Kontak :"+RumahAku.namaPemilik);
System.out.println("Luas Rumah :"+RumahAku.luasRumah + "Hektar");
System.out.println("No Telepone :"+RumahAku.telepone);
System.out.println("Luas Garasi:"+Garasi.luasGarasi +"meter persegi");
System.out.println("Segera Hubungi 0218095319..BBM Naik Tidak Pengaruh...Masih Harga Lama");

}
}

Pada code di atas kita telah membuat sebuah class dengan dengan nama rumah.
bahwa keseluruhan dari class ini diawali dengan { dan ditutup dengan }.Semua code yang terletak di antara { } merupakan bagian dari class ini. yang di tampilkan dengan code :
class rumah{
...
}
class Rumah tersebut harus mempunyai object, dalam hal ini contoh dari code objectnya :
rumah RumahAku= new rumah();
rumah Garasi = new rumah();

Jadi di dalam suatu class terdapat object yang berkaitan dengan class tersebut. Dapat diartikan pula object rumah tersebut adalah instance (perwujudan) dari suatu class.maka instance/object ini merupakan object yang sebenarnya. Setelah dibuat object (seperti contoh di atas) dengan menggunakan perintah new yang merefer ke class rumah.

Atribute
Pada program di atas kita telah membuat sebuah class yang terdiri dari beberapa atribute/variabel di dalamnya, yaitu alamat (String alamat;) sampai luas garasi (int luasGarasi;).variabel merupakan berbagai variable yang berkaitan dengan class, dengan nilai datanya diobject RumahAku. Tipe data meliputi semua tipe yang dikenal oleh Java misalnya tipe data int dan tipe data string. Yang ditulis untuk mendeklarasikan suatu variabel bernama alamat  String alamat.
Pada program sederhana di atas, terdapat bagian :
// membuat objek
Dan
/* memanggil atribut dan memberi nilai */
Bagian ini merupakan bagian yang dikenal sebagai komentar. Komentar ini bukan bagian dari program karena di compile oleh compiler java dan tidak mempengaruhi eksekusi program. Komentar ini untuk memperjelas source code yang ditulis sehingga code akan lebih mudah dibaca oleh siapa pun.perbedaan dengan /* */ adalah bahwa // hanya berlaku untuk satu baris ini saja dan semua kata-kata setelah // merupakan komentar.
Selanjutnya, terdapat pula public class dengan method di public class, sebab program java dimulai dari sini.dengan code :
public class RumahIdaman{
public static void main(String [] args){
baris code di atas membuat sebuath methode dengan nama main.nama main merupakan keharusan dalam java, karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai titik awal eksekusi program.
untuk memanggil object dibuat code :
RumahAku.jalan="May.jend sutoyo no. 16";

System.out.println(RumahAku.alamat);
Baris code ini memiliki arti sebagai berikut :
System adalah nama dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java.
Out merupakan anggota dari class system dan merupakan object tersendiri.
Println merupakan method yang terdapat pada object out. Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standard output.
System.out.println("Segera Hubungi 0218095319..BBM Naik Tidak Pengaruh...Masih Harga Lama");
maka akan tercetak di layar computer sehingga di saat menjalankan program ini, di monitor komuter akan tercetak Segera Hubungi 0218095319..BBM Naik Tidak Pengaruh...Masih Harga Lama.
Tanda ; yang diketik paling belakang baris diperlukan untuk menandakan akhir suatu pernyataan/pernyataan.

Terakhir untuk dapat menjalankan program,di save dengan RumahIdaman.java
Maka, hasil akhirnya adalah :

Tidak ada komentar: